Monday, March 18, 2019

Panduan menghasilkan uang dari blog

Internet merupakan sebuah metode terbaru untuk menghasilkan uang. Dewasa ini, banyak orang di seluruh dunia, hanya duduk di depan komputer untuk menghasilkan uang tanpa perlu menjejakkan kakinya secara langsung di tempat kerja.


Hal ini memang sangat mungkin karena sebagian manusia di abad 20 ini lebih banyak menghabiskan waktunya di dunia maya. Bahkan tidak sedikit dari mereka yang memang menggunakan internet sebagai bagian dari pekerjaannya.

Anak-anak, remaja, dewasa, dan orang tua, di kota-kota madya dan metropolitan setiap dari mereka mengakses internet setiap harinya yang bisa dikatakan bahwa internet merupakan salah satu kebutuhan primer manusia saat ini. Bahkan fenomena di perkotaan ini juga telah mulai merambah ke desa-desa terpencil yang memiliki fasilitas untuk mengakses internet.

Oleh sebab itu, internet merupkan tujuan marketing di zaman modern ini. Banyak yang menjajal dunia maya sebagai lokasi berinvestasi untuk masa depan. Ada banyak cara menghasilkan uang dari internet dan salah satu cara yang paling populer untuk menghasilkan uang dari internet adalah dengan ngeblog.

Panduan menghasilkan uang melalui blog


Blog atau website merupakan salah satu media untuk mendulang pundi-pundi rupiah dari internet. Ada banyak cara menghasilkan uang dari blog. Namun sebagai newbe seperti saya, terkadang banyaknya cara tidak dapat menjamin keberhasilan untuk mendaratkan/PO ke rekening kita.

Hal ini disebabkan oleh banyak faktor yang akan kita kupas tuntas dalam artikel ini. Sedikit bocoran, faktor utama yang membuat seorang blogger gagal menghasilkan uang dari blog adalah gagal fokus.

Banyak yang beranggapan bahwa blog merupakan cara termudah untuk menghasilkan uang dari internet. Benarkah demikian? Mungkin ya, mungkin juga tidak. Namun jujur saja, untuk menghasilkan uang dari blog tetap saja anda harus "berkeringat" layaknya kerja di dunia nyata. Bedanya anda hanya perlu mencari ide sebanyak-banyaknya untuk menulis artikel, dimana ide tersebut juga berasal dari dunia nyata.

Dunia maya dan dunia nyata di era 20 ini sudah sangat dekat bahkan sudah melebur menjadi satu. Setiap harinya, manusia cenderung lebih banyak menghabiskan waktunya di dunia maya daripada dunia nyata. Hal ini juga berlaku juga bagi seorang blogger terutama blogger yang masih baru, mereka akan menghabiskan lebih banyak waktu duduk di depan komputer.

Pandangan yang berpendapat bahwa blog merupakan cara termudah untuk menghasilkan uang adalah pandangan yang masih keliru. Pada awal perjalanan saya sebagai seorang blogger, saya pun berpikir demikian. Namun setelah beberapa bulan menjadi blogger saya tidak mendapat uang sepeser pun.

Jadi, jika anda ingin mendapatkan uang dari internet dengan cepat, blog bukanlah sebuah solusi. Mungkin anda bisa mencoba bisnis lain di internet seperti menjadi reseller atau dropshipper lewat media sosial yang lebih cepat dalam mendapatkan profit atau yang lainnya seperti trader bitcoin atau menjadi seorang freelancer.

Tetapi jika kamu tetap dengan tekad yang teguh ingin menghasilkan uang melalui blog silahkan ikuti artikel ini.

Hal utama yang sangat penting yang perlu anda tekankan bahwa "tamu merupakan raja" ketika bertandang ke kediaman anda. Hal ini mutlak berlaku didalam dunia blogging, karena blog yang sepi layaknya berjualan gorengan di gang yang sempit lagi sepi pengunjung.

Jadi rumah anda di internet adalah blog atau website anda sendiri yang harus anda tata sedemikian rupa sehingga memiliki tampilan yang berbeda dengan blog lainnya. Bagaimana anda menjual di kedai kopi atau kafe demikianlah anda menjual di blog anda.

Anda harus terjun langsung ke dunia nyata untuk mengamati teknik marketing dari penjual gorengan hebat di kota-kota besar dalam mengalahkan semua kompetitor-kompetitornya, melakukan riset bagaimana pedagang ikan mendagangkan produknya dengan harga dan kualitas yang tidak jauh berbeda dari pedagang lainnya dengan laris manis dan mengamati berbagai macam teknik marketing.

Jadi intinya blog atau website yang menghasilkan uang adalah blog yang ramai visitor/pengunjung. Jadi tujuan utama anda ketika membangun dan mengoperasikan blog adalah dengan menggaet visitor sebanyak-banyaknya. Sekali lagi pengunjung adalah hal yang mutlak bagi sebuah blog yang menginginkan profit.

Oleh karena itu, jangan pernah berpikir tentang cara menghasilkan uang melalui blog jika anda belum memiliki visitor di atas rata-rata karena anda hanya akan buang-buang waktu yang sangat berharga.

Langkah-langkah membangun blog atau website untuk menghasilkan uang


1. Tentukan platform blog


Ada 2 situs raksasa yang sangat populer yang dapat anda manfaakan untuk membuat blog secara gratis, yaitu blogspot milik google dan wordpress. Selain itu, kamu juga bisa membangun website sendiri dengan menyewa domain dan web hosting, tentunya dengan sedikit skill di dunia web developer. Setiap platform memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Jadi silahkan searching google dan pilih sesuai dengan selera anda.

Ada blogger blogspot yang sukses, begitu pun sebaliknya ada juga blogger wordpress yang sukses, jadi hal ini menurut saya tidak perlu terlalu diperdebatkan. Saat ini saya menggunakan blogger dan tidak menutup kemungkinan di hari-hari yang akan datang saya akan menggunakan wordpress. Kita tidak tahu. Oleh karena itu, fokus merpakan hal yang utama ketika anda telah menentukan situs untuk mendirikan rumah anda.

2. Tentukan niche blog


Niche adalah jenis atau tema dari blog anda yang merupakan kunci sukses dari suatu website. Banyak jasa SEO dan blog yang membahas SEO menyarankan untuk menggunakan satu niche. Blog dengan satu niche lebih mudah di kelola dan dimanajemen dari pada blog gado-gado (banyak niche).

Selain itu, blog dengan niche tertentu lebih mudah mendapatkan kepercayaan dari pembaca/pengunjung dibandingkan dengan blog multi-niche. Misalnya blog yang membahas khusus tentang teknologi, akan lebih mudah fokus dalam membangun konten artikel dan selalu memiliki pengunjung tetap.

Salah satu kekurangan blog niche adalah keterbatasan dalam mencari artikel yang terkait. Karena itu, sebelum memutuskan niche blog ada baiknya anda benar-benar menguasai tema tersebut sehingga tidak bermasalah dengan artikel.

Namun hal ini bisa diatasi dengan membangun sub-niche yang masih relevan dengan main-niche atau tema utama. Situs seperti jalantikus.com (berita teknologi) dan babe.news (berita dan hiburan) menggunakan teknik ini, yaitu membangun situs dengan niche tertentu yang terdiri dari beberapa sub-ketegori.

Dengan segala kelebihan blog niche di atas, bukan berarti anda bebas men-judge blog dengan multi-niche akan gagal. Memang proses membangun blog multi-niche memakan waktu yang cukup lama. Namun blog dengan banyak niche juga memiliki beberapa keunggulan dimana blog tersebut dapat menjadi blog top di beberapa kata kunci di mesin pencari namun tentunya dengan kerja keras lebih. Dibutuhkan usaha yang cerdas dalam membangun blog multi-niche agar dapat bersaing di mesin pencari.

Bahkan beberapa situs besar di tanah air dan situs-situs terkenal diseluruh dunia yang membangun start up sendiri tidak tanggung-tangguna dalam menyewa freelancer content writer agar dapat memanajemen dan update artikel unik dengan biaya yang lumayan besar.

Hal ini menunjukan bahwa untuk menghasilkan uang melalui blog tetap membutuhkan totalitas. Keberanian situs-situs tersebut untuk membayar penulisnya juga memberikan gambaran kepada kita tentang seberapa besar penghasilan website tersebut. Niche blog sangat berpengaruh terhadap traffic blog.

3. Mulai ciptakan produk


Setelah anda memiliki rumah (blog) dan selesai dengan masalah tipe rumah (niche), tiba saatnya bagi anda untuk membuat produk. Produk yang saya maksudkan di sini adalah artikel. Kamu pastinya sudah mengetahui artikel seperti apa yang akan kamu tulis. Tapi ingat jangan melenceng dari niche utama blog.

Artikel merupakan sentral dari sebuah website. Pengunjung bertandang ke blog anda dengan tujuan menikmati hidangan berupa konten yang menarik. Oleh karena itu, artikel bukan hanya sekedar artikel.

Sebelum pedagang memasarkan produknya ada beberapa hal yang akan mereka lakukan yang saling berhubungan atau saya biasa menyebutnya Formula 3M, yaitu:

1. Melakukan survei lokasi

Survei lokasi bertujuan untuk mengetahui keadaan pasar. Keadaan pasar ini mencakup target penjualan (pembeli). Di dunia blogging ada beberapa lokasi untuk mempromosikan artikel di blog kita, yang paling utama adalah google dan media pendukung seperti media sosial (grup facebook).

Jika artikel anda berupa tutorial dan informasi umum maka pasar utamanya adalah google dan sebaliknya jika artikel anda berupa artikel hiburan pasar utamanya adalah media sosial, dapat berupa grup facebook dan medsos lainnya. Ingat bahwa pasar (google) lokasi tempat anda berjualan memuat banyak pedagang lain yang adalah kompetitor yang harus ditaklukan.

2. Menentukan target pasar

Setelah mengenal lokasi secara tidak langsung anda juga mendapatkan bayangan tentang pengunjung pasar. Orang yang mengunjungi pasar pastinya memiliki tujuan tertentu dan tujuan yang paling umum adalah untuk membeli keperlun rumah tangga. Karena itu anda harus menyiapkan keperluan rumah tangga yang benar-benar dibutuhkan oleh calon pembeli.

3. Menciptakan Produk istimewa

Ingat bahwa anda bukan satu-satunya pedagang di pasar tersebut, ada banyak pedagang lain dengan teknik marketing yang berbeda. Maka anda dituntut untuk menciptakan produk yang berbeda sehingga dapat melariskan dagangan anda di antara pedagang lain. Produk blogger adalah artikel.

Ketika anda mengunjungi google dengan keyword/kata kunci tertentu anda akan menjumpai blog-blog di halaman pertama google yang sebagian besar sudah tidak asing di telinga anda. Blog tersebut merupakan blog yang memiliki produk istimewa sehingga dapat menempati posisi strategis di pasar.

Anda harus menggeser posisi mereka dipuncak klasemen google. Caranya bagaimana? Artikel merupakan kunci utama dari sebuah blog karena itu artikel harus istimewa dan berbeda dari blog-blog kompetitor. Cara sederhana untuk membuat artikel yang berbeda dan istimewa adalah dengan membuat satu artikel dari gabungan beberapa artikel di halaman pertama google. Hal ini juga sering saya lakukan ketika sedang mengerjakan tugas dari sekolah. mengunjungi beberapa blog sekaligus sebagai bahan pertimbangan.

Formula 3M di atas merupakan pondasi dasar artikel yang akan anda bangun.

Beberapa blogger pemula lebih mementingkan kuantitas dari pada kualitas artikel. Alhasil, mereka membuat artikel sebanyak-banyaknya, copas dari blog lain (pengalaman pribadi) dan artikel apa adanya sehingga tidak pernah terjual bahkan tidak pernah menyentuh lokasi pasar google sedikit pun.

Beberapa jasa SEO dan website yang membahas tentang SEO, berpendapat bahwa artikel merupakan menu utama yang dicari oleh tamu restoran. Oleh karena itu, artikel anda harus memiliki bumbu rahasia yang tidak akan dijumpai di restoran lainnya.

Bumbu rahasia inilah yang akan mendongkrak posisi anda menjadi semakin strategis di pasar google.

Artikel yang baik memiliki Formula MRI, yaitu:

1. Menyertakan gambar


Gambar akan membuat artikel anda terlihat lebih menarik dari pada zaman hitam putih di tahun 90-an dulu. Gambar pada blog dapat dianalogikan sebagai free wifi di kafe yang akan membuat pengunjung beta berlama-lama di kedai anda. Meskipun hanya 1 gambar pada artikel itu akan lebih baik dari pada artikel tanpa gambar sama sekali.

2. Riset keyword judul artikel


Judul artikel merupakan nama produk anda. Jadi anda harus melakukan riset kata kunci/keyword yang tepat dan pastinya sesuai dengan isi artikel. Keyword terbaik pada judul artikel adalah tema utama dalam artikel tersebut. Jika anda salah memilih nama produk, produk tidak akan dikenal orang yang secara otomatis juga tidak mendatangkan keuntungan.

Metode riset keyword terbaik adalah dengan menjadikan diri anda sendiri sebagai objek yang sedang mencari informasi. Bagaimana anda memasukkan keyword di mesin pencari ketika mencari informasi matematika? Ketika anda mencari informasi teknologi? Kurang lebih seperti itulah sifat para pengunjung pasar google yang sedang mencari suatu informasi di google.

Judul artikel dan url halaman harus mengandung kata kunci utama, yaitu kata kunci yang sering dan paling memungkinkan diketikkan oleh pengunjung google ketika akan mencari informasi. Sebenarnya google bukanlah satu-satunya mesin pencari namun kita memang harus fokus kepada google karena google merupakan search engine yang paling populer saat ini.

Jasa SEO menyarankan agar judul artikel sependek mungkin dan mengandung keyword utama. Namun perlu anda ketahui bahwa kata kunci yang pendek (short keyword) memiliki banyak kompetitor sehingga dibutuhkan usaha ekstra untuk dapat bersaing.

Salah-satu usaha ekstra yang dapat anda terapkan adalah dengan menggunakan artikel pendukung yang relevan antara satu artikel dengan artikel lainnya sehingga artikel anda memiliki long tail keyword.

Contoh long tail keyword:

Artikel 1 : cara budidaya tanaman
(SEMUA TANAMAN)
Artikel 2 : cara budidaya tanaman hias
(TANAMAN HIAS UMUM)
Artikel 3 : cara budidaya tanaman hias kamboja
(SPESIFIK SALAH SATU JENIS TANAMAN HIAS)

3. Isi artikel


Semua orang yang mengunjungi google pada dasarnya menginginkan jawaban dari pertanyaannya. Isi artikel harus mengandung informasi yang dibutuhkan pengunjung dan memiliki tingkat kredibilitas yang tinggi. Salah satu contoh umum artikel yang memiliki kredibilitas yang tinggi adalah artikel dengan jumlah kata di atas rata-rata.

Jasa SEO menyarankan agar satu artikel mengandung 2500 kata atau lebih untuk tampil di halaman utama google. Hal ini juga menyangkut keyword di dalam isi artikel tersebut. Artikel dengan jumlah kata di atas rata-rata artikel lainnya lebih mudah mencapai puncak klasemen google (sudah terbukti).

Salah satu keunggulan blog niche adalah memiliki keyword diatas rata-rata blog lain yang membahas tema yang sama. Artikel-artikel pendukung inilah yang akan membuat google menempatkan anda di kelas VVIP.

Salah satu kesalahan yang paling sering dilakukan oleh blogger pemula adalah mengupdate artikel sebanyak-banyaknya tanpa melihat kualitas artikel yang menyebabkan artikel sama sekali tidak terindex di halaman utama google. Sebagai blogger pemula anda harus lebih bersantai dan tidak diwajibkan memasang target update artikel setiap harinya.

Percuma saja anda update artikel jika tidak ada yang membacanya. Lebih baik 4 artikel lengkap setiap bulannya daripada 30 artikel yang tidak menyentuh pasar google sama sekali. Postinglah artikel jika benar-benar telah siap dan meyakinkan dapat menembus pasar nomor 1 di google.

Jika target anda adalah google maka buatlah konten artikel yang tidak usang ditelan waktu. Artikel jenis ini biasa disebut timeless artikel dimana tidak akan pernah mati. Setiap zaman orang selalu mencari informasi seperti ini. Gunakan kata kunci seperti cara, tutorial, teknik, tips dan trik, makalah, artikel, belajar, membuat, resep, alat dan bahan, fakta, materi, dan sebagainya di judul artikel untuk membuat timeless artikel.

Jangan pernah membuat artikel musiman yang hanya viral beberapa minggu, kecuali jika anda memang yakin artikel tersebut dapat mencapai target yang telah anda tentukan dalam jangka waktu tertentu. Salah satu teknik untuk memasarkan artikel musiman adalah dengan menggunakan media sosial. Judul artikel musiman merupakan hal yang sangat sentral dalam memasarkan artikel di media sosial.

Buat judul semenarik mungkin sehingga membuat rasa penasaran calon visitors meningkat. Perlu anda ketahui bahwa kemungkinan seseorang mencari konten yang sedang viral melalui google sangat kecil. Artikel musiman biasanya berasal dari situs-situs besar yang memang sudah terkenal dan memiliki ribuan likers di fanspage facebook mereka.



4. Benahi rumah anda


Ketika kualitas artikel anda sudah terbukti, pengunjung/visitor akan datang dengan sendirinya. Tetapi ingat artikel adalah menu utama yang harus selalu tersedia, jadi jangan pernah berhenti menulis jika anda ingin jadi blogger sukses. Setelah membuat artikel SEO anda harus berbenah agar tamu yang berkunjung ke rumah anda dapat menikmati hidangan yang telah anda sediakan.

Berbenah blog disini meliputi:

1. Template

Tampilan blog adalah salah satu kunci tambahan yang dapat membuat pengunjung berlama-lama di blog anda. Percuma blog anda memiliki artikel yang SEO namun tampilannya amburadul. Oleh karena itu, carilah template blog yang SEO frendly yang berbayar (template premium) maupun yang gratis (free). Template free maupun premium intinya harus SEO friendly.

Ciri-ciri template SEO friendly:


1. Template SEO friendly sangat user friendly

User friendly bertujuan untuk memberikan kenyamanan saat pengunjung melakukan interaksi dengan blog anda. User friendly meliputi navigasi blog, responsif, kecepatan loading, dan lain-lain.

2. Navigasi jelas dan tidak acak-acakan

Navigasi blog mempengaruhi loading sebuah halaman web karena itu gunakan navigasi yang benar-benar berguna bagi tamu anda. Navigasi yang berguna meliputi navigasi search artikel di dalam blog anda, navigasi related post yang sesuai dengan label artikel, navigasi yang menampilkan popular post.

Selain itu, jangan menggunakan terlalu banyak navigasi karena dapat menyebabkan proses loading blog semakin lambat dan mengganggu pengunjung blog. Agar proses loading blog semakin cepat minimalkan script pada bagian head.


3. Responsif
2. Iklan
Meskipun saat ini anda belum memasang iklan, ini merupakan hal yang tidak kalah penting.

Iklan yang adalah penghasilan blog anda terkadang mengusir tamu/visitor blog yang merupakan penyalur uang bagi anda. Blog dengan puluhan iklan didalamnya tidak berguna jika tidak memiliki visitor (rendah traffic). Prinsip dasarnya, visitor adalah pembeli di kedai kopi anda. Tanpa pembeli kopi pun tidak terjual.

Oleh sebab itu, pasang iklan di lokasi yang strategis namun tidak mengganggu pengunjung blog. Contohnya jika anda penayang google adsense, anda cukup meletakkan iklan banner di header dan sidebar blog. Iklan di sidebar akan tampil di bawah artikel secara otomatis ketika visitor menggunakan perangkat mobile smartphone (jika menggunakan template SEO frienly).

Apakah belajar SEO itu penting?


Masih banyak yang memperdebatkan tentang hal ini. Ada yang beranggapan bahwa belajar SEO hanya akan buang-buang waktu saja dan yang lain menganggap bahwa blogger sukses harus memahami SEO. Oleh sebab itu, pada artikel ini kita harus mengambil sikap yang sama untuk dapat membangun prasangka. Kita sepakat bahwa SEO ITU PENTING.

Meskipun pada kenyataan di lapangan, beberapa blog yang berhasil menduduki puncak klasemen google mengaku tidak belajar SEO sama sekali. Benarkah demikian? Jika para blogger pemuncak klasemen pada keyword yang laris mengaku tidak mempelajari SEO hal itu memang sangat mungkin.

Terkadang mereka memang tidak pernah tahu tentang SEO (Search Engine Optimision) dan tidak pernah belajar tentang trik dan teknik SEO. Namun pada dasarnya mereka telah menggunakan SEO itu sendiri. Misalnya mereka terjun langsung ke dunia nyata untuk menyelidiki sifat-sifat manusia sehingga mengetahui kegemaran setiap target pasarnya dan membuat produk yang menjadikan pembelinya lebih komsumtif.

Teknik marketing seperti inilah yang mungkin lebih baik dipelajari di kelas entreprneur dibandingkan pada jasa SEO. Namun perlu anda ketahui bahwa jasa SEO juga menganut prinsip yang sama pada kelas entrepreneur.

Menurut saya SEO merupakan hal yang sangat penting dan harus anda pahami dengan baik. Silahkan menggunakan jasa SEO atau mengikuti panduan di blog-blog pemuncak klasemen.

Namun sebenarnya inti dan hal utama dalam SEO sudah kita bahas dalam satu artikel ini, yaitu:

1. Melakukan survei lokasi (google)

2. Menentukan target pasar (visitors)

3. Menciptakan produk istimewa (artikel)

4. Berbenah rumah (tampilan blog)


Salah-satu kesalahan blogger pemula dalam memahami SEO adalah tentang link building atau backlink. Para blogger pemula termasuk saya belum sepenuhnya mengerti tentang ini. Alhasil, backlink menjadi dewa dibandinkan dengan konten di dalam blog itu sendiri. Banyak blogger yang sibuk mencari backlink daripada mempromosikan konten di dalam blognya.

Pada kenyataannya, ketika produk anda memang memiliki kualitas di atas rata-rata maka produk tersebut akan cepat famous dari mulut ke mulut. Sama halnya dengan backlink yang akan hadir dengan sendirinya ketika blog anda memiliki konten yang kualitasnya sudah terbukti.

Jasa SEO juga menyarankan agar menggunakan domain TLD terutama com dan net. Jika anda lebih yakin lagi, anda bisa menyewa domain TLD dan web hosting berbayar sehingga blog anda semakin top di puncak klasemen. Silahkan cari referensi di blog-blog pemuncak klasemen yang membahas tentang domain TLD dan web hosting terbaik, baik hosting dalam negeri maupun hosting luar negeri.

Setelah semua telah siap, saatnya menjadikan blog sebagai salah satu media di internet untuk menghasilkan uang.

Pada tahap ini, paling tidak anda harus memiliki 100 visitors/day. Seperti yang telah saya katakan pada bagian awal bahwa visitor merupakan raja. Karena percuma saja anda berusaha menghasilkan uang melalui blog jika tidak memiliki visitors. Visitors sama dengan uang.

Ada beberapa cara menghasilkan uang melalui blog, namun seperti yang telah disampaikan di atas bahwa banyaknya cara tidak menjamin anda akan memiliki penghasilan dari blog.

Inti dari menonestisasi blog milik anda adalah ketekunan dan kesabaran. Anda tidak mungkin bisa menghasilkan uang dari blog hanya dalam jangka waktu 1 bulan. Hal yang mustahil!

Share sedikit tentang pengalaman penulis"

Saya mulai menjadi seorang blogger pada Maret 2017 dengan Platform blogspot kurang lebih satu bulan sebelum ujian nasional berlangsung. Tujuan awal saya menjadi blogger adalah menyalurkan hobby dan tentunya untuk belajar banyak ilmu. Namun tujuan utama saya membangun blog mymelody 13 ini seperti kebanyakan blogger pada umumnya, yaitu menjadi sumber penghasilan.

Salah satu yang menjadi motivasi saya adalah menjadi penayang adsense. Namun sebagai pemula, saya tidak mengenal yang dinamakan proses. Saya membuat artikel yang bahkan tidak menyentuh pasar google , hasil copas (tetap menyertakan link sumber), dan sebagainya. Alhasil, beberapa bulan ngeblog, bisa dikatakan blog mymelody 13 ini tidak memiliki kemajuan.

Namun dengan kerja keras dan tentunya kasih karunia dari Tuhan Yesus akhirnya unit iklan adsense berhasil tampil di blog mymelody 13 pada bulan Oktober 2017. Meskipun belum pernah PO dan pengunjung masih di bawah 100/day, saya tetap bersyukur karena tujuan utama saya ngeblog sudah tercapai.

Berikut cara menghasilkan uang dari blog yang paling populer


1. Affiliate marketing

Ada banyak jenis-jenis affiate marketing. Namun saya akan membahas yang sedang saya minati, yaitu

a. PPC (pay per click)

Ada begitu banyak PPC namun PPC terbaik sampai saat ini masih dipuncaki oleh adsense. Ada banyak blogger Indonesia maupun blogger luar negeri yang menjadikan adsense sebagai penghasilan utama blog mereka.

Adsense membayar affiliator mereka kurang lebih sebesar RP.399/click untuk Indonesia dan 1$ untuk luar negeri seperti Amerika. Minimal PO $100 dapat menggunakan Western Union (WU) atau transfer ke bank lokal langsung. Blogger Monzaaulia mengatakan bahwa untuk dapat melakukan PO setiap bulannya anda harus memiliki traffic yang besar dengan minimal pendapatan $4 perharinya.

Saya tidak akan membahas trik dan cara agar di terima adsense. Intinya blog anda harus cukup berumur dan memiliki konten yang berkualitas agar dapat diterima adsense. Jangan pernah mengklik iklan milik sendiri karena akan terdeteksi sebagai spam yang berakibat pada di bannednya akun anda.

b. Affiliasi mandiri

Ada banyak situs afiliasi yang menawarkan produk mereka kepada blogger untuk dijual melalui website pribadi blogger. Anda akan mendapatkan komisi dari setiap penjualan produk afiliasi yang menggunakan link anda (biasanya banner pada blog).

Situs luar negeri yang terkenal dengan komisinya yang besar adalah amazon.com dan beberapa situs Indoensia seperti Lazada, Blibli, Alibaba, Idaff, Bhinneka, dan yang sedang saya geluti saat ini situs ratakan.com. Penjualan berkisar 30%-50% untuk setiap produk yang terjual menjadi bagian dari affiliator ratakan. Situs Ratakan menjual produk berupa produk digital (ebook) dengan harga yang lumayan terjangkau.

Jual produk sendiri

Selain menjual produk/barang orang lain, anda juga dapat mempromosikan produk anda sendiri. Keuntungan dari menjual produk sendiri dan dipromosikan dengan blog atau website milik sendiri adalah anda bebas dan tidak terikat dengan banyak peraturan.

Anda membuat artikel yang sesuai dengan produk anda dan menunggu visitors membeli produk yang telah anda buat. Misalnya produk digital berupa ebook, produk fisik berupa alat-alat pertanian atau tabulampot yang saat ini lagi nge-trend, dan masih banyak lagi produk ciptaan sendiri yang dapat anda jual. Intinya produk anda harus kreatif dan istimewa.

Pada dasarnya menjual produk di blog sama saja halnya dengan menjual barang di pasar konvensional. Ini hanya perbedaan media pemasaran yang menggunakan internet sehingga anda tidak perlu mengunjungi pasar fisik secara langsung. E-commerce merupakan media penjualan yang saat ini sedang berkembang di tengah-tengah masyarakat dengan keuntungan yang sangat besar.

Salah satu situs populer yang menerapkan teknik ini adalah situs duniailkom.com. Selain sebagai penayang adsense situs ini juga menjual produk berupa produk fisik (buku) dan produk digital (ebook) tentang bahasa pemrograman web developer.

Demikianlah artikel tentang tutorial membangun dan menghasilkan uang dari blog mulai dari nol. Semoga bermanfaat!

Load comments